Sunday, November 25, 2007

KBB# 2 CHOCOLATE MOUSSE CAKE










Ini kali ke 2 aku bikin Cake ini. Sebenernya aku udah malas, secara bikinnya ribet plus modalnya juga lumayan yah?...Qi..qi..qi...dasar emak2....cuman karena rasa penasaran yg membumbung tinggi akhirnya week end kemaren aku coba bikin lagi.
Untuk KBB # 2 Host-nya itu mba emma

Pertama sih biasa kocok telur...trus masukin gula sedikit demi sedikit sampe kental, abis itu masukin bahan keringnya deyyy....

Trus ini bagian yg paling mendebarkan buat aku, bayangin ajah waktu pertama bikin aku manggangnya memerlukan waktu 1,5 jam...(weleh2) dan cake itu berhasil jadi lady finger..he..he...Dan ternyata kesalahanku itu terletak pada suhu oven yg terlalu rendah. Dan yg ke 2 ini aku coba naikin suhu oven, walopun masih di bawah suhu yg suruh di resep tapi perbedaannya ngga' terlalu jauh. Aku patok krg lbh 170 derajat dan waktunya 30 menit.

Alhamdulillah berhasil loh, kuenya cantik dey...(menurutkuh) dan enak...(aku makan sedikit remahannya...xixixi kebiasaan buruk...jadinya badan teteb langsung ginih dey.....).


Dilanjutkan tahap 2 membuat moussenya. Karena yg kemaren aku ngga' terlalu bermasalah dgn moussenya. Jadi Insya Allah yg inipun aku tetep ikutan resep step by stepnya. Cuman ada perbedaan pemakaian bahan nih. Waktu pertama moussenya enak deh......aku pake bio bianca trus coklatnya tulip. Aku ajah abis beberapa potong...(walopun cake yg pertama penampakannya itu juelekkk banget...he..he..).
Nah yg ke dua ini aku pake anchor plus collata. Kata aku plus temen2ku ko' kurang nyoklat yah rasanya.

Sebelum cakenya dikucurin mousse aku lilit dulu pake aluminium foil.




Nah pas finishingnya berhubung aku bikin cake dan moussenya minggu malem, ya udah aku tinggal tidur. Bangun jam 5, sholat dulu...trus jempalitan di dapur lagi deyyyy.....

Aku coba tambahin whipcreamnya dgn gula sedikit plus gelatin bubuk. Soalnya udah kebayang kue ini mau aku bawa sebagian ke kantor. Jadi agar si whipcreamnya teteb kokoh di bawa ke kantor.

Udah niat beli strawberry walopun sedikit. Jadi agak dihias dikiiiiiiiiit biar keceh......
Ini penampilan chocolate mousse cake ku yg ke 2............






Ini Resepnya

Chocolate Mousse Cake


Sumber : Penny Oliver Cuisine 2005


Cake :
4 bh telur utuh,3/4 cup gula kastor,2/3 cup terigu all purpose, 1/3
cup maizena, 1sdt baking powder

Kocok telur menggunakan mixer hingga naik dan kental. Tambahkan gula
sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan putih dan
sangat kental. Ayak semua bahan kering lalu campurkan ke dalam adonan
telur hingga rata. Tuang ke dalam loyang ukuran 26-28cm yang sudah
diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang dengan oven yang sudah
dipanaskan terlebih dahulu suhu 190C selama 25-30 menit. Keluarkan
cake dari loyang dan letakkan ke atas rak, dinginkan. Letakkan cake ke
atas piring saji. Eratkan aluminium foil ke sekeliling cake (kalau mau
bisa pakai baking paper tapi digandakan, supaya bisa tegak dan lebih
kukuh kalau disiram dengan mousse nantinya).

Mousse :
250g cooking chocolate, 6 kuning telur, 250g mentega suhu ruang, 6 putih telur
Tim coklat hingga leleh. Kocok kuning telur lalu campurkan dengan
coklat, aduk rata. Tambahkan mentega sambil dikocok. Kocok putih telur
hingga kaku. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan coklat. Tuang
adonan ini ke atas cake. Tutup dan dinginkan selama 4 jam atau
semalaman.
(Jika menggunakan thickened cream, pakai 250g lalu kocok dan campurkan
ke dalam adonan coklat).


Variasi: untuk mousse, silakan divariasi dengan flavour macam
frangelico, cointreau, brandy, atau vanili. Putih telur bisa diganti
dengan thickened cream jika ragu-ragu menggunakan putih telur.
Garnish/hiasan bisa divariasi dengan serutan coklat, coklat bubuk,
atau fresh fruit jika memang sesuai selera.


Topping :
300ml krim, kocok, 100g cooking chocolate dilelehkan dengan 50ml krim
dan 3 sdm brandy (brandy bisa dihilangkan atau diganti dengan
vanili—meskipun tidak sama setidaknya ini memberi flavour ke coklat)

Tutup cake dengan krim kocok lalu tuangi coklat leleh tadi. Potong dan
sajikan dengan sedikit tambahan coklat leleh di sisinya. (You can use
your imagination and your own style on this! Have fun!)

Tapi....maaf ya para suhu KBB...

Kata suami dan orang2 disekitarku. Aku 2 kali bikin enakan waktu aku bikin cake yg gagal katanya. Lebih crunchy trus kaya makan ice cream pake biskuit......hiks....anakku ajah suka bangets...jadi dgn berat hati besok2 kalo aku bikin kue beginian...ya cakenya yg 1,5 jam tea........maaf yah......:((

6 comments:

Unknown said...

WOW! cantik banget jadinya! Well done, girl! Hugs, ab

Dapurmamakoe said...

Ma'kasih mba.....

Anita Avianty said...

Waduh... makin jago aja bikin kuenya neng. Cantik loh... paduan putinya whipped cream, dark chocolate + merahnya strawberry. So glamorous!

Sofie said...

mba ida..
salam kenal KBBers.
Duuh.. itu strawberry bikin ngiler aja. Salut deh mba, bagus pisan.. :)

Salam manis,
Sofie (www.warna-ungu.blogspot.com)

Rita Sella said...

keren tuh dipadu ma strawberry, salam kenal

Dapurmamakoe said...

Ma..kasih ma..kasih teman2 udah mau komen dan mampir ke gubuk ku inih....
Salam kenal juga yah.....