Sunday, August 12, 2007

My Bakpao...oh bakpao.......


Ini kali ke 2 aku bikin bakpao, yg pertama ambil dari resep pa' sahak. Yg ke dua ini nyoba resepnya stella utomo. Dari resepnya yg ngga' aku pake itu tepung tang mien dan amoniak kue. Hasilnya sih lumayan empuk tapi ngga' ngembang menurutku cuman kalo dari rasa enak deh....isinya tetep daging giling.

Saking penasarannya aku sama bakpao ini semalem aku beli buku tentang perbakapaoan......blm sempet di baca sih, tapina aku akan coba terus wahai bakpao sampai engkau dapat ku taklukkan...hua..ha...ha......(ih....ngga' penting de....).
BAKPAO
Source: Stella Utomo
Ingredients:
Biang Bakpao
250 gr terigu protein rendah (me: tepung hongkong)
10 gr ragi instant
150 cc air
Bahan Adonan Utama Bakpao
90 gr terigu protein rendah
60 gr tepung tang mien (me: semuanya diganti tepung hongkong)
70 gr gula halus
1 sdm baking powder
1/4 sdt amoniak kue (me tidak pakai)
3 sdm air
50 gr mentega putih
Directions:
Campur semua bahan untuk biang. Diuleni sampai tidak lengket di tangan (kurang lebih 10 menit). Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
Masukkan bahan adonan utama ke dlm biang bakpao. Uleni sampai kalis. Timbang adonan sebesar 20-25 gr. Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah2 adonan.
Kukus bakpao selama 15 menit.

2 comments:

Restiani Tan said...

asiknya yang udah berhasil nge bakpao... daku masih terus terusan gagal. 1st aku bikin juga dari resep P'Sahak.. hasilnya kurang ngembang, yang ke 2 dari resep ci Stella, hasilnya malah lebih keras dari yang pertama :<
ngulennya pake tangan, sampe jempol lu keseleo hik... untung anakku tetep doyan bakpao keras wakakaka...

Dapurmamakoe said...

tetep semangat mba...he...he....
Aku dapet masukan dari temenku yg punya suami orang vietnam. Dia bilang bakpao asli itu yg ngga' putih agak creamy gituh dan raginya ternyata bukan yg bubuk.....jadi bakpao kita ngga' gagal2 amat ko' mba....